Kurikullum Diploma III Anafarma

  • Home
  • Kurikullum Diploma III Anafarma

Kurikullum Diploma III Anafarma


  • klik-data
  • 10. 03. 2021
  • 283

Kurikulum Tahun 2017 terdiri dari 5 Kelompok matakuliah yaitu Matakuliah Pengembangan dan Kepribadian (MPK) 8 sks, Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) 29 sks, Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) 35 sks, Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) 26 sks, Matakuliah Berkehidupan dan Berkarya (MBB) dengan Rincian Matakuliahnya sebagai berikut: Rekapitulasi Jumlah SKS  Jumlah Keseluruhan SKS : 110 SKS  Jumlah SKS P/K/L : 59 SKS (54%)  Jumlah SKS S/BL : 7 SKS (6.4%)  Jumlah SKS Teori : 44 SKS (40%)  Jumlah SKS Kurikulum Institusi : 24 SKS (20%)  Jumlah SKS Kurikulum Inti : 86 SKS (78%)

3.1. PROFIL LULUSAN

  1. Pelaksana Pengelolaan Laboratorium Farmasi dan Makanan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam melakukan pengelolaan bahan dan peralatan laboratorium farmasi dan makanan.
  2. Pelaksana Analisis Farmasi dan Makanan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam melakukan analisis sediaan farmasi dan makanan.
  3. Verifikator Proses Pemeriksaan Laboratorium Farmasi dan Makanan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam melakukan verifikasi kesesuaian proses pemeriksaan dengan Standard Operating Procedure (SOP).
  4. Asisten Penelitian Laboratorium Farmasi dan Makanan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam membantu proses penelitian dasar maupun terapan di laboratorium bidang farmasi dan makanan.

3.2. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

  1. Sikap
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
    3. Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa bernegara, dan kemampuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Keterampilan Umum  
    1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku.
    2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.
    3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
    4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan shahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak yang membutuhkan.
    5. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya.
    6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
    7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  3. Keterampilan Khusus
    1. Mampu mengelola bahan dan peralatan laboratorium analisis farmasi dan makanan, meliputi perencanaan kebutuhan bahan dan alat, melakukan pemeriksaan dan perawatan peralatan laboratorium; pengelolaan sampel dan baku pembanding.
    2. Mampu melakukan verifikasi kesesuaian proses pemeriksaan dengan Standard Operating Procedure (SOP)
    3. Mampu melakukan analisis sediaan farmasi dan makanan.
    4. Mampu membantu proses penelitian dasar maupun terapan di laboratorium bidang farmasi dan makanan
  4. Pengetahuan
    1. Menguasai konsep Good Laboratory Practice (GLP).
    2. Menguasai konsep dan teknik analisis sediaan farmasi dan makanan.
    3. Mengusai prinsip-prinsip pengumpulan dan pengolahan data secara deskritif.
    4. Menguasai konsep dasar mutu, pengendalian mutu, pemastian mutu; konsep struktur organisasi laboratorium, fungsi laboratorium, ketenagaan, administrasi laboratorium; mengetahui sistem mutu dan konsep ISO 17025.

Download Kurikulum Diploma III Anafarma

kurikulum anafarma

 

Komentar :